About

Whistle Blowing System

Perusahaan Perseroan PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) berkomitmen untuk melaksanakan Good Corporate Governance dan melaksanakan tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan, sehingga dapat terpelihara kesinambungan usaha dalam jangka panjang, untuk itu dalam rangka menjalin kerjasama pengungkapan benturan kepentingan dan saling menghargai, Perusahaan Perseroan PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) menyediakan sistem pelaporan pelanggaran (Whistle Blowing System).

Apa ?

1.    Whistle Blowing System (WBS)
Adalah Sistem Pelaporan Pelanggaran PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia

2.    Maksud dan tujuan :
Mengelola pengaduan mengenai perilaku melawan hukum, perbuatan tidak etis/tidak semestinya Perseroan yang disampaikan secara rahasia, anonim dan independen oleh Insan Bahana dalam mengungkapkan pelanggaran yang terjadi di lingkungan Perseroan

3.    Manfaat :

  • Menyediakan tata cara penyampaian informasi penting bagi Perseroan kepada pihak yang harus segera menanganinya
  • Menyediakan mekanisme deteksi dini (early warning system) atas kemungkinan terjadinya masalah akibat suatu pelanggaran
  • Menyediakan kesempatan untuk menangani pelanggaran secara internal terlebih dahulu, sebelum meluas menjadi konsumsi publik
  • Mengurangi risiko yang dihadapi organisasi akibat pelanggaran baik dari segi keuangan, operasi, hukum dan keselamatan kerja
  • Meningkatnya reputasi Perseroan di mata pemangku kepentingan, regulator, dan masyarakat umum
  • Memberikan masukan kepada Perseroan untuk mengkaji kelemahan pengendalian internal, serta untuk merancang tindakan perbaikan yang diperlukan.


Siapa ?

1.    Pelapor :
a.    Internal : Karyawan, Direksi, Dewan Komisaris dan Organ lainnya
b.    Esternal : Stakeholder perusahaan (pemasok, konsumen, regulator dan pihak lain yang berkepentingan)

2.    Terlapor : Karyawan, Direksi, Dewan Komisaris dan Organ lainnya

3.    Perlindungan terhadap Pelapor

  • Identitas Pelapor dijamin kerahasiaannya oleh Perseroan apabila Pelapor memberikan identitas serta informasi yang dapat digunakan untuk menghubungi pelapor.
  • Perseroan menjamin perlindungan terhadap Pelapor dari segala bentuk ancaman, intimidasi, ataupun tindakan tidak menyenangkan dari pihak manapun selama Pelapor menjaga kerahasiaan pelanggaran yang diadukan kepada pihak manapun.
  • Perlindungan yang diberikan oleh Perseroan berupa perlindungan dari tekanan, penundaan kenaikan pangkat, pemecatan, gugatan hukum, harta benda, hingga tindakan fisik.
  • Perlindungan terhadap Pelapor juga berlaku bagi para pihak yang melaksanakan Investigasi maupun pihak-pihak yang memberikan informasi terkait dengan Pengaduan tersebut.
  • Perlindungan di atas tidak diberikan kepada pelapor yang terbukti melakukan pelaporan palsu dan/atau fitnah. Pelapor yang melakukan laporan palsu dan/atau fitnah dapat dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Dimana ?

Pelapor dapat menyampaikan Pengaduan kepada Pengelola Administrasi Sistem Pelaporan Pelanggaran melalui:
a.    Email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
b.    Dropbox pengaduan yang diletakkan di lobby Kantor Pusat Bahana, Graha Niaga lantai 18, Jakarta.
c.    Surat ditujukan kepada:

Quality Assurance & Internal Audit Head
u.p Tim Pengelola Pelaporan Pelanggaran
PT. Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero)
Graha Niaga, Lantai 18
Jl Jendral Sudirman, Kav 58 Jakarta 12190

Login