News

Thursday, 13 December 2018 10:28

Bahana Targetkan Penyaluran Dana Program Kemitraan Mencapai Rp 100 Miliar sepanjang 2019

 

Jakarta – Demi meningkatkan akses pelaku usaha menengah kecil dan mikro kepada pembiayaan, PT Bahana Artha Ventura (BAV) terus berupa memperluas jaringan kepada sejumlah badan usaha milik negara (BUMN) untuk bisa mendapatkan dana program kemitraan bina lingkungan yang selanjutnya akan disalurkan kepada pelaku usaha.

 

Dalam 10 tahun terakhir, rata-rata dana program kemitraan yang salurkan BAV kepada sejumlah UKM mengalami kenaikan sekitar 44%, pada akhir tahun ini saja, diperkirakan penyaluran dana program kemitraan akan mencapai Rp 65 miliar, sehingga secara keseluruhan plafond dana PKBL yang telah disalurkan anak usaha Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) ini telah mencapai Rp 424 miliar selama periode 2008 – 2018.

 

Ini merupakan sebuah bukti capaian dan komitment BAV dalam pemberdayaan UKM. Pemerintah pun memberikan kepercayaan kepada BAV untuk mengelola dana UMi. Untuk Program Kemitraan tahun depan, BAV akan menggenjot penyaluran dana program tersebut sebesar Rp 100 miliar untuk semakin meningkatkan kualitas UKM yang memiliki prospek bisnis yang potensinya cukup besar. Keseriusan BAV mendororong UKM untuk naik kelas, tidak semata dengan memberikan bantuan permodalan saja, namun juga memberikan pendampingan bagi UKM yang dibiayai.

 

‘’Ada banyak UKM yang berpotensi di daerah, namun mereka tidak bankable. Inilah komitmen kami dalam membantu pemerintah dalam mendorong UKM untuk lebih memiliki daya saing . Dan memang ini yang menjadi target pasar kami,’’ papar Direktur Utama BAV Muhamad Siddik Heruwibowo. Melalui bantuan permodalan yang diberikan dengan bunga rendah ini, kami ingin meningkatkan daya saing pelaku UKM yang menjadi nasabah kami dan kami pun akan membantu membuka penetrasi pasar bagi produk-produk yang mereka hasilkan,’’ tambah Siddik.

 

Dalam era indutri 4.0 yang berkembang sangat pesat saat ini dan telah menyentuh seluruh sektor, BAV akan membantu meningkatkan penetrasi pasar bagi produk UKM binaannya dengan sistem digital atau yang disebut Digital Mall, sehingga semua produk-produk yang ada, bisa dipasarkan ke seluruh Indonesia dan bahkan ke luar negeri. BAV juga telah menggandeng Bukalapak dan kedepan akan menjalin kerja sama dengan online shopping lainnya.

 

Demi meningkatkan kemampuan mitra binaan dalam memasuki era digitalisasi, anak usaha BUMN ini memberikan workshop bagi sejumlah mitra binaan agar bisa mengakses internet dan memasarkan produknya melalui online shopping atau sosial media lainnya, serta memberikan sentuhan yang lebih menarik dalam mengemas produk saat akan difoto sebelum dipromosikan ke berbagai online shopping atau sosial media.

 

BAV telah menjalin kerja sama dengan sejumlah BUMN termasuk PT Angkasa Pura II, Perusahaan Pengelola Aset, Airnav Indonesia, Peruri, Indonesia Natour, Perum Perumnas, Waskita Karya, Pelindo 2, Indonesia Rei dan ASDP Indonesia Ferry, Jamsostek, LPEI, dan Sarana MultiGriya Finansial untuk menyalurkan dana program kemitraan melalui sekitar 27 Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD) yang tersebar di seluruh Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua.

 

Page 1 of 488

Login