News

Sarana Lampung Ventura Terus Kembangkan UMKM di Lampung

Lampung – PT Sarana Lampung Ventura (SLV) salah satu jaringan perusahaan modal ventura daerah (PMVD) yang berada dibawah jaringan PT Bahana Artha Ventura (BAV) terus mengembangan UMKM di Lampung. Selama 6 tahun terakhir SLV telah membiayai sebanyak 1.442 unit PPU dengan posisi per 31 Agustus 2014 yaitu 529 unit perusahaan pasangan usaha (PPU). Sedangkan akumilasi total pembiayaan PPU dalam 6 tahun terakhir sebanyak Rp. 158.938.000.000.



Prosentase tertinggi dari total pembiayaan tersebut diserap oleh sector perdagangan Restoran dan Hotel, sedangkan posisi kedua terbanyak adalah sector jasa social/masyarakat dan ketiga adalah sector pertanian, perikanan dan kehutanan. Untuk pengembangan bisnis, SLV juga sedang mengembangkan pembiayaan mikro ventura sejak tahun 2011 dengan pembiayaan mikro di bawah Rp 150jt.

Lampung adalah gerbang utama jalur distribusi dan ekonomi dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera. Sehingga perkembangan bisnis diberbagai sektor terutama jasa, transportasi dan perdagangan akan terus dan semakin berkembang. Pertumbuhan ekonomi Lampung melalui UMKM memerlukan perhatian dari banyak pihak salah satunya adalah dari program pembiayaan dan pendampingan usaha (modal ventura) khususnya UMKM yang belum dapat fasilitas pembiayaan dari bank (Non bankable).

“Saat ini perkembangan bisnis pembiayaan PT Sarana Lampung Ventura berjalan dengan mengandalkan permodalan yang ada dan bersumber dari cicilan pengembalian pokok dan bagi hasil, sambil menunggu tambahan permodalan untuk modal kerja dari pihak kreditur” ujar Novri Al Hamid Direktur Utama PT Sarana Lampung Ventura disela-sela acara press tour beberapa waktu lalu.

Saat ini masalah utama yang dihadapi PT SLV adalah sumber pendanaan (funding) yang akan digunakan untuk memperbesar skala usaha pembiayaan dan peningkatan jumlah PPU yang dapat dibiayai. Sebagai Lembaga Keuangan PT SLV masih sangat terbuka bagi kreditur baik lembaga pemerintah (LPDB, LPEI) maupun kreditur perbankan. Tingkat leverage PT SLV masih di bawah 1 (Debt to Equity Ratio) dan potensi pembiayaan modal ventura di Lampung masih sangat terbuka tambah Novri

Pada tahun 2015 PT SLV menargetkan jumlah PPU yang bekerjasama mencapai 1.000 unit, untuk itu dibutuhkan sumber dana baik dari lembaga pemerintah ataupun kreditur sejumlah Rp. 75 Milyar, sehingga gearing ratio PT SLV mencapai 2,5X dari total modal, hal ini akan berdampak akan lebih banyak lagi kalangan UMKM di Provinsi Lampung yang dapat di tumbuh kembangkan yang dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak pada akhirnya.

Login