News

20th Perusahaan Modal Ventura Daerah

Jakarta - Buku 20th Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD) resmi diluncurkan pada tanggal 18 Desember 2014 di Soehana Hall, Gedung The Energy, Jakarta. Buku ini merupakan gambaran singkat mengenai perjalanan 20 tahun Perusahaan Modal Ventura Daerah dalam menjadi mitra para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia.

Di usia yang ke 20, PMVD telah hadir di 27 propinsi di Indonesia dari Aceh hingga Papua dengan membina lebih dari 46 ribu UKM yang menyerap tenaga kerja hingga mencapai 1,3 juta orang. “Selama 20 tahun BAV dan PMVD telah terbukti menjadi  salah satu lembaga yang diandalkan dalam membiayai dan mendampingi puluhan ribu UKM sehingga para UKM tersebut mampu terus berkembang sehingga dinilai layak untuk mendapatkan akses terhadap berbagai fasilitas perbankan. Per November 2014, PMVD telah membukukan total investasi lebih dari Rp 1 triliun secara akumulasi,” ujar Direktur Utama BAV, Andi Buchari.

Melalui PT Bahana Artha Ventura (BAV) yang merupakan salah satu anak usaha PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (persero), modal ventura berhasil mengembangkan skema pembiayaan dengan pola pendampingan UKM yang memiliki nilai tersendiri bagi kalangan wirausahawan khususnya yang belum bankable di Indonesia.

Komisaris Utama PT Sarana Jabar Ventura dan PT Sarana Bali Ventura, Yani Panigoro menilai bahwa PMVD merupakan salah satu garda terdepan untuk mengawal perkembangan UKM di Indonesia, terutama melalui pendampingan dengan pola pembiayaan modal ventura bagi UKM yang belum  layak mendapatkan dana dari perbankan. Selain itu, ia juga melihat bahwa ke depannya PMVD mampu menjadi salah satu pilar perekonomian Indonesia karena keberadaannya mampu mendorong lebih banyak orang untuk berwirausaha.

“Dalam kurun waktu 20 tahun, PMVD mampu menciptakan ‎lapangan kerja sekitar 2 juta orang, melalui PPU (perusahaan pasangan usaha) mitra PMVD. Di samping permodalan, PPU juga mendapatkan pendampingan manajemen sehingga PPU dapat tumbuh sehat dan berkesinambungan,” ujarnya.

Foto
Dwina S Wijaya – Direktur Utama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (persero)
Andi Buchari - Direktur Utama PT Bahana Artha Ventura
Yani Panigoro – Komisaris PT Sarana Jabar Ventura


Login