News

Bahana Dana Likuid Reksadana Terbaik 2015

JAKARTA – Salah satu anak usaha PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (persero), PT Bahana TCW Investment Management raih penghargaan “Reksa Dana Pasar Uang Terbaik 2015” untuk periode 1 tahun versi Majalah Investor. Dalam ajang kompetisi tahunan yang bertema “Prospect and Challenger 2015”, Bahana Dana Likuid (BDL) dinobatkan sebagai produk reksa dana terbaik dengan tingkat return +9.03%, terbaik untuk kinerja tahun 2014 dibanding produk reksa dana pasar uang lainnya.

“Tahun 2014 adalah tahun Politik yang penuh dinamika dan penuh ketidakpastian, dengan latar belakang tingginya suku bunga jangka pendek. Investor cenderung take profit, beralih dari produk agresif seperti reksa dana saham ke produk konservatif seperti reksa dana pasar uang” ujar Edward Lubis Direktur Utama PT Bahana TCW Investment Management di sela-sela acara Penganugerahan “Reksa Dana Pasar Uang Terbaik 2015”.  Bahana Dana Likuid (“BDL”) berhasil memanfaatkan kesempatan tersebut dengan membukukan kinerja +9.03% dan menjadi pilihan menarik bagi investor, sehingga unit penyertaaannya tumbuh sebesar 78% sepanjang tahun 2014.

“Ke depan kami melihat trend ini akan berubah dimana adanya ekspektasi pertumbuhan dan penurunan suku bunga, sehingga investor akan kembali beralih ke investasi agresif yaitu reksa dana saham” Ujar Edward Lubis.

BDL akan tetap berperan sebagai alternatif investasi jangka pendek yang menarik, cocok bagi investor pemula dan investor yang mengutamakan likuiditas jangka pendek, tetapi yang menginginkan hasil lebih tinggi dari deposito tambahnya.

"Ajang ini sangat penting bagi kami sebagai Manajer Investasi sebagai sarana benchmarking terhadap produk-produk sejenis dan terhadap Manajer Investasi lainnya serta media pengenalan reksa dana sebagai cara mudah dan efektif berinvestasi ke pasar modal," ucap Edward Lubis, Jakarta.

Kinerja


Untuk dana kelolaan Bahana TCW memasang target pertumbuhan yang cukup optimis, yaitu sebesar 12% menjadi Rp 30 triliun di tahun 2015. Per Desember pada 2014 perseroan berhasil membukukan dana kelolaan Rp 27 triliun atau tumbuh 29%. “Jumlah tersebut di atas target kami untuk tahun 2014 yakni sebesar Rp 25 triliun. Selanjutnya, pada tahun ini kami targetkan pertumbuhan moderate, namun tetap tumbuh lebih baik dibanding pertumbuhan industri,” ujar Edward Lubis. Per akhir Februari 2015, dana kelolaan Bahana TCW telah mencapai Rp 28 triliun.
Saat ini pangsa pasar Bahana TCW sekitar 6,3 persen per Desember 2014, atau yang ke-lima terbesar dalam industri pengelolaan investasi di Indonesia berdasarkan total dana kelolaan. Tahun 2015, perusahaan menargetkan untuk meluncurkan 12 produk atau layanan investasi yang baru dengan menitikberatkan kepada produk-produk existing yang berbasis ekuitas.

“Kami akan terus tingkatkan dana kelolaan dengan meluncurkan produk-produk atau layanan investasi baru. Target kami sedikitnya setiap bulan akan ada satu produk baru,” ungkapnya.

Login