News

Bahana TCW Kenalkan Produk Syariah di Ajang Festival Pasar Modal Syariah 2016

Pasar modal Indonesia berupaya meningkatkan tingkat awareness investor akan alternative investasi berbasis syariah dengan menyelenggarakan Festival Pasar Modal Syariah pada 30 Maret-2 April 2016. Pesatnya laju perkembangan produk investasi syariah di dunia maupun di kawasan Asia dalam beberapa tahun terakhir, mendorong  para pelaku pasar modal untuk memperkenalkan lebih luas produk-produk investasi syariah di pasar modal kepada masyarakat.


Pada ajang festival ini Bahana TCW Investment Management salah satu fund manager terbesar di Indonesia dengan dana kelolaan mencapai Rp 32 T per Maret 2016, memperkenalkan dua produk reksa dana syariah antara lain Reksa Dana Bahana Likuid Syariah dan Bahana Icon Syariah.


Bahana Likuid Syariah merupakan raksa dana yang diperuntukkan untuk para investor dengan profile risiko konservatif sehingga alokasi investasinya 100% pada instrument pasar uang dan deposito berbasis syariah.  Data Per 15 Maret, Bahana Likuid Syariah berhasil memberikan imbal hasil (return) sebesar 7,14% hingga akhir tahun 2015, sedangkan untuk year to date 1,35%.


Berbeda dengan reksa dana Bahana Icon Syariah yang diperuntukan untuk para investor dengan profile risiko agresif, oleh karena itu alokasi 80-100% pada saham yang focus pada sektor infrastruktur dan konsumen. Per 15 Maret reksa dana ini membukukan kinerja 7,01% YTD.


Berdasarkan data yang dirilis Bursa Efek Indonesia, hingga akhir tahun 2015, pertumbuhan pangsa pasar saham syariah lebih dominan dibandingkan dengan non syariah. Dari sisi produk, jumlah saham syariah tercatat sebanyak 318 saham atau 61 persen dari total kapitalisasi pasar saham Indonesia. Jumlah saham syariah di sepanjang tahun lalu telah meningkat 34 persen menjadi 318 saham dari sejak Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) diluncurkan pada 2011 silam yang berisi 237 saham.
Pertumbuhan jumlah investor saham syariah di Indonesia juga meningkat 76 persen walaupun jumlahnya per akhir 2015 baru mencapai 4.908 investor berdasarkan single investor identification (SID) atau sekitar 1 persen dari total investor saham yang jumlahnya sebanyak 434.443 SID.


Pameran tersebut menghadirkan seluruh komunitas pasar modal Syariah, baik perusahaan tercatat penerbit saham syariah dan sukuk, manajer investasi, perusahaan efek, Bank Rekening Dana Nasabah sampai kepada portal investasi. Tercatat ada 44 perusahaan yang membuka booth di acara Festival Pasar Modal Syariah 2016 yang dapat dikunjungi oleh pengunjung dan di acara ini seluruh pelaku pasar dan investor pasar modal syariah juga hadir dan siap sharing pengalaman dengan pengunjung.

Login