News

Bank KEB Hana Tawarkan Obligasi Rupiah & Dollar

Jakarta - PT Bank KEB Hana Indonesia mengumumkan penerbitan dua instrumen obligasi subordinasi berdenominasi rupiah dan dollar AS yang masing-masing ditawarkan sebanyak-banyaknya Rp800 miliar dan US$50 juta.

"Untuk obligasi subordinasi IDR, kuponnya berkisar 9,5%-10,5%, sedangkan obligasi dollar sekitar 5,05%-6,05%. Kedua instrumen ini bertenor tujuh tahun," kata Direktur PT Bahana Sekuritas, Novita Lubis, di Jakarta, Senin (21/11).

Selain Bahana, pada penerbitan obligasi subordinasi ini KEB Hana Bank juga menunjuk PT Indo Premier Securities dan PT Danareksa Sekuritas selaku penjamin pelaksana emisi obligasi, sedangkan selaku wali amanat adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Menurut Novita, penetapan kisaran kupon obligasi KEB Hana Bank ini para penjamin pelaksana emisi sudah mempertimbangkan fluktuasi di pasar obligasi. "Kami meyakini kisaran itu sudah tepat, sehingga kami menyepakati kupon yang telah disampaikan," ucapnya.

Dia menyebutkan, instrumen obligasi subordinasi berdenominasi rupiah maupun dollar AS tersebut mendapatkan peringkat AA(idn) dari PT Fitch Ratings Indonesia.

Lebih lanjut dia mengatakan, obligasi subordinasi IDR dan USD ini ditawarkan dengan nilai 100 persen dari jumlah pokok obligasi. Satuan perdagangan obligasi IDR sebesar Rp5 juta atau kelipatannya dan satuan perdagangan obligasi dollar sebesar US$500 atau kelipatannya.

"Pembayaran bunga kedua jenis obligasi tersebut akan dibayarkan setiap triwulan sesuai dengan tanggal pembayaran bunga obligasi subordinasi IDR dan USD," papar Novita.

Novita menyatakan, pembayaran bunga obligasi pertama akan dilakukan 21 Maret 2017, sedangkan pembayaran bunga terakhir sekaligus jatuh tempo pada 21 Desember 2023. "Masa penawaran dimulai 15 Desember 2016 dan rencana pencatatan di Bursa Efek Indonesia 22 Desember 2016," ucapnya.

Login