News

Bahana Kembali Salurkan Program Kemitraan untuk Modal Ventura Jatim dan Bali

Jakarta -- Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) bersama anak usahanya Bahana Artha Ventura (BAV) menyalurkan dana sebesar Rp 1,5 Miliar melalui Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) untuk mendorong pengembangan Usaha mikro, kecil dan menengah(UMKM). Sejak 2004 hingga saat ini, perseroan pelat merah ini melalui anak usahanya BAV telah meyalurkan dana PKBL sebesar Rp 8,2 miliar.
Dana tersebut akan disalurkan melalui Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD) Jawa Timur dan Bali. Penyaluran dana kemitraan ini merupakan bagian dari target BAV yang akan menyalurkan dana sekitar Rp 100 Miliar hingga akhir tahun ini. Dana ini merupakan bagian dari BUMN Sinergy bersama sekitar 7-8 Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang akan disalurkan melalui sekitar 23 PMVD yang tersebar mulai dari Aceh hingga Papua.
''Untuk mendukung perekonomian nasional, kami menyadari perlunya dukungan terhadap UMKM sehingga roda perekonomian setiap daerah bergerak,'' kata Direktur Pembinaan Usaha Bahana Artha Ventura Agus Wicaksono.
Pada awal bulan ini, BAV juga sudah menandatangani kerja sama pembiayaan dengan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) untuk menyalurkan dana sebesar Rp 12 miliar untuk modal ventura di Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Barat dan Bali. Langkah ini akan diikuti oleh beberapa BUMN lainnya, sehingga semakin banyak UMKM di seluruh Indonesia dapat dilayani melalui Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL).
Sementara itu untuk total pembiayaan yang disalurkan oleh modal ventura pelat merah ini dengan berbagai skema (komersial dan program kemitraan) ditargetkan secara akumulasi akan mencapai sekitar Rp 10 triliun pada akhir tahun ini, naik dari pencapaian tahun lalu yang telah menyalurkan sekitar Rp. 9,6 triliun bagi sekitar 56.000 nasabah. Penyaluran dana tersebut diharapkan akan meningkatkan jumlah nasabah Bahana Artha Ventura hingga 60.000

Login